Kalgoorlie: Australia’s Golden Outback

Processed with VSCO with hb1 preset

Kalgoorlie-Boulder

Untuk pertama kalinya sejak satu bulan saya resmi bermukim di Perth, Australia Barat, saya dan suami memutuskan untuk bepergian sejenak dari hiruk pikuk kota Perth. Destinasi tujuan kami kali ini adalah kota dengan keunikan budaya Australia yang sesungguhnya, yakni City of Kalgoorlie-Boulder atau kerap disebut Kalgoorlie-Boulder. Terletak 596 kilometer dari Timur Laut Ibukota Australia Barat, Kalgoorlie-Boulder merupakan kota dengan luas wilayah terbesar di Australia, dan menempati urutan ketiga kota terluas di dunia. Kota ini memiliki kekayaan alam luar biasa yang berhasil menarik minta para imigran dunia untuk ‘menyerbu’ Kalgoorlie-Boulder sejak tahun 1880-an. Emas!

Processed with VSCO with c1 preset

Emu, Hammond Park

Processed with VSCO with hb1 preset

Patrick Hannan

Processed with VSCO with hb2 preset

One of the old hotel in Kalgoorlie, Court Hotel

Sejak tersebarnya berita keberadaan ladang emas di sejumlah titik Australia Barat tahun 1980-an, yang diikuti dengan gelombang “gold fever” di area Kalgoorlie-Boulder, praktis kota ini berubah 180 derajat menjadi kota yang paling dituju oleh para penambang emas tradisional dari beragam belahan benua. Bahkan daya tarik ladang emas Kalgoorlie-Boulder berhasil mendatangkan Herbert Hoover, Presiden ke 31 Amerika Serikat untuk ikut berburu peruntungan emas di kota ini. Salah satu peninggalan bersejarah Hoover adalah The Hoover Mirror, yakni cermin besar berpirugakan ukiran kayu pemberian Hoover untuk hotel ‘terfavorit’ nya di Kalgoorlie-Boulder, yakni The Palace Hotel.

Processed with VSCO with hb2 preset

The Palace Hotel

Yang unik dari Kalgoorlie, meskipun peradaban terus bergerak, kota ini berkembang tanpa merubah wajah kota tradisional Australia. Terbukti dari beragam hotel-hotel kuno yang berjajar, arsitektur beragam bangunan dan rumah-rumah penduduk yang keberadaannya seakan tak mudah tergerus oleh peradaban modern. Salah satu situs wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Boulder Town Hall. Berdiri sejak tahun 1908, ruang publik yang dulunya adalah berfungsi sebagai balai kota dan concert hall ini menyimpan mahakarya pelukis dunia, Philip Goatcher, yakni The Goatcher Curtain (1908).

Processed with VSCO with hb2 preset

Philip Goather’s Curtain at the Boulder Town Hall

Processed with VSCO with hb2 preset

Boulder Town Hall

Selain mempertahankan beragam kekayaan situs sejarah, salah satu tradisi Australia yang masih dipertahankan disini adalah permainan “Two Up”, lebih tepatnya disebut judi tradisional Australia. Cikal bakal permainan ini pertama kali dimainkan oleh para serdadu perang Australia di era Perang Dunia Pertama. Permainan ini dimainkan dengan cara melempar dua koin ke udara dengan tebakan sisi ganda mana yang muncul, yakni sisi “heads” atau “tails“. Hingga saat ini permainan Two Up hanya legal dimainkan di Hari Nasional Anzac, dan selain Hari Nasional Anzac, permainan ini hanya legal dimainkan di area Kalgoorlie, tepatnya di padang gurun yang terletak 7 kilometer dari kota Goldfields.

Processed with VSCO with c1 preset

In the middle of Two Up rings

Processed with VSCO with n1 preset

The Two Up Ring

Processed with VSCO with a6 preset

Two Up

Selain mengunjungi arena permainan Two Up, kami menyempatkan untuk mengunjungi pasar rakyat Kalgoorlie-Boulder yang diadakan sebulan sekali, yakni tepatnya di minggu ketiga. Beragam karya kerajinan lokal mulai dari perhiasan dari bebatuan, madu alami, hingga sabun batangan herbal banyak dijajakan disini.

Processed with VSCO with hb1 preset

The Boulder Market Day

Setelahnya, kami memiliki agenda utama yakni mengunjungi salah satu area penambangan emas yang masih aktif di kota ini, yakni Super Pit Kalgoorlie Consolidated Gold Mines (KCGM) – yakni tambang emas terbesar kedua di Australia. Tidak sembarang pengunjung dapat masuk tentunya. Kunjungan hanya dapat dilakukan melalui agen wisata tur Super Pit, yakni melalui Kalgoorlie Tour & Charters.

Kebijakan khusus yang wajib dipenuhi peserta tur ini adalah tubuh wajib bebas dari kandungan alkohol. Secara acak akan dilakukan uji kadar alkohol tubuh, yakni melalui breath test. Selain itu peserta diwajibkan mengenakan pakaian dan celana panjang disamping mengenakan beberapa perlengkapan standar minimum keamanan, yakni helm pelindung dan kacamata khusus. Biaya tur Super Pit ini cukup terjangkau, yakni dewasa sebesar $45 dan anak-anak $25.

Processed with VSCO with a6 preset

Super Pit Kalgoorlie Consolidated Gold Mines (KCGM)

Processed with VSCO with hb2 preset

Super Pit KCGM

Tidak puas hanya mengunjungi Super Pit KCGM, kami tentunya tidak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Hannans North Tourist Mine. Area wisata emas ini pada awalnya adalah pertambangan Hainault yang berdiri sejak 1893 dan pada akhirnya dibuka untuk kunjungan umum sejak tahun 1972. Kompleks pertambangan tua ini telah dimodifikasi sedemikan rupa sehingga memudahkan pengunjung untuk mengenal proses penambangan tradisional hingga peradaban para penambang saat itu.

Processed with VSCO with hb1 preset

Hannans North

Processed with VSCO with hb2 preset

Australian traditional gold mining

Sebagai penutup kunjungan kami di Kalgoorlie-Boulder, “Questa Casa Brothel Tour” tentunya sangat saya untuk dilewatkan. Brothel atau lazimnya dalam Bahasa Indonesia disebut “rumah bordil”, adalah rumah prostitusi yang hingga saat ini masih beroperasi di Kalgoorlie. Dulunya banyak brothel berjajar di area Hay Street, namun seiring perkembangan zaman, hanya satu brothel yang tersisa – yang saat ini merupakan brothel tertua di Australia – Questa Casa. Dalam tur ini, anak pemilik yang juga merangkap sebagai pengelola brothel akan memaparkan secara gamblang gelap terang bisnis prostitusi di Kalgoorlie. Pengunjung juga akan dibawa masuk untuk melongok ke beberapa kamar pekerja yang hingga saat ini masih aktif digunakan.

Processed with VSCO with hb1 preset

Questa Casa Brothel

Processed with VSCO with hb1 preset

Questa Casa Brothel

Processed with VSCO with hb1 preset

Brothel Tour in Kalgoorlie

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s